Saturday, 18 June 2016

Menghitung Hari Menuju Berakhirnya Asrama PPKU IPB

Waktu emang sepertinya berjalan cepet banget ya... ga kerasa tinggal menghitung hari ninggalin asrama PPKU IPB. Rasanya baru kemaren masuk asrama dianter sama ayah, bi nana, bi pipit, teh saffa. Rasanya baru kemaren saya nangis diem-diem di kasur gara-gara homesick, ngeluh karena ga betah di asrama, ngeluh pingin cepet-cepet pulang, ngambil jatah kuliah demi pulang gara-gara homesick. 

Jujur aja sebenernya dulu awal-awal masuk asrama saya rapuh, banget malah. dikit-dikit pengen pulang, dikit-dikit homesick, sekalinya pulang gamau balik lagi ke bogor, ngambil jatah demi pulang ke bandung. Ya mungkin itu karena kuliah saya tidak begitu padat jadi banyak waktu kosong. Ada sedikit penyesalan sebenernya dari hati saya yang paling dalam. Saya menyesal kenapa disaat awal-awal kuliah, disaat orang lain bertahan di asrama, disaat punya peluang nambah temen, disaat banyak peluang nambah pengalaman, disaat banyak kesempatan yang lewat didepan saya, saya malah memilih untuk menarik diri dari kampus dan teman-teman dengan cara pulang ke bandung. I regret it, but i know life must go on, right? 

Pembagian kamar berisi 4 orang  yang berasal dari berbagai daerah memberikan manfaat kepada saya pribadi untuk memahami dan mengenal kebudayaan dan kebiasaa dari berbagai daerah. Belum lagi teman-teman lorong yang berasal dari berbagai daerah juga, hampir 40 orang. Saya tidak mengenal semuanya namun saya sudah bisa mendapat hal-hal baru. Ya memang tujuan awal dari asrama ini adalah untuk media adaptasi mahasiswa baru IPB terhadap lingkungan kampus dan teman-teman dari multi etnis dari seluruh Indonesia. Kita bisa kenal dengan orang dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur Indonesia, semuanya pasti ada disini dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, I guarantee!. Yap, tinggal di asrama selama tahun pertama di IPB udah mengubah sudut pandang saya terhadap sesuatu. Awalnya saya berpikir untuk apa asrama? untuk apa? ga penting banget sih. Namun saat saya sudah menjalaninya saya belajar dan mendapatkan hal-hal baru. Kerjasama, toleransi, pengertian, sabar, bijaksana, ramah, tolong menolong, berbagi, saling mengingatkan adalah beberapa sifat yang saya dapatkan. Disini juga saya merasakaan nikmat dan bahagianya berbagi rezeki kita ke orang-orang disekitar. Mulai dari berbagi makanan, rezeki, pengalaman hingga canda tawa. What a great moment! I can't explain it with word.

Entah kenapa tiba-tiba kangen momen dimana temen-temen lorong masih tinggal di asrama. Entah kenapa tiba-tiba ngerasanyaman tinggal di asrama. Entah kenapa berasa asing disaat asrama yang biasanya rame banget, sekarang sepinya banget banget. Ini rasanya suasana paling sepi yang pernah saya rasain di asrama. Ada pertemuan ada perpisahan, ada awal ada akhir. 


Kini, saya sangat menikmati momen-momen berharga yang akan berakhir ini......

Related Articles

0 comments:

Post a Comment